Dalam teknik modeling 3D terkadang kita dihadapkan pada suatu pilihan
yang mengharuskan seorang modeller menggunakan teknik tertentu karena
mungkin hanya dengan teknik tersebut sebuah model dapat kita buat.
Setiap modeller terkadang memiliki beda pandangan terhadap pendefinisian
teknik modeling ini namun pada dasarnya adalah sama saja.
Ada 3 teknik
modeling 3 dimensi yang secara umum dapat digunakan setiap kita akan
membuat sebuah model menggunakan aplikasi pemodelan 3D.
3 Teknik Pemodelan 3D tersebut adalah :
- Teknik Primitive Modeling (Solid Geometry Modeling)
- Teknik Polygonal Modeling (Sculpt Modeling)
- Teknik NURBS Modeling (Curve Modeling)
Primitive modeling merupakan teknik
dasar pemodelan 3d dengan menggunakan obyek-obyek solid yang sudah ada
pada Standar geometri sehingga disebut juga dengan Constructive Solid
Geometry. Obyek-obyek tersebut adalah box, sphere, cylinder, plane, dsb.
Batasan teknik ini adalah pemodelan dilakukan dengan
menggabung-gabungkan obyek dasar pada standart primitive tanpa merubah
bentuk dasar dari obyek tersebut. Dengan demikian teknik ini hanya dapat
digunakan untuk membuat model-model yang standar dan tidak dapat atau
sangat sulit diterapkan untuk membuat model dengan bentuk permukaan yang
komplek.

Primitive Modeling
2. Polygonal Modeling
Polygonal modeling merupakan teknik
modeling 3ds max yang paling banyak digunakan. Hal ini karena teknik ini
simple, mudah dipelajari, dan cepat dalam membuat sebuah model.
Polygonal modeling disebut juga dengan sculpting (memahat) karena
proses/hasil dari teknik ini menyerupai memahat atau pahatan. Teknik ini
paling banyak digunakan oleh modeller karena relatif mudah, simple,
cepat dalam pengerjaannya dan tidak membutuhkan resource komputer yang
besar. Teknik polygonal modeling ini lazimnya adalah menggunakan obyek
dasar pada standar primitives geometry dan kemudian dimodifikasi menjadi
obyek yang diinginkan. Untuk memulai teknik ini obyek standar pada
primitive geometry terlebih dahulu dikonversi menjadi editable mesh atau
editable poly dan kemudian dengan memanipulasi atau editing pada
vertex, edge, face, poly, border, atau element dapat digunakan untuk
membuat model yang sangat kompleks sesuai kebutuhan dengan relatif
cepat.

Polygonal Modeling
3. NURBS Modeling
Merupakan singkatan dari Non-Uniform
Rational B-Spline. Merupakan sebuah teknik modeling (khususnya dalam 3ds
max) dengan fokus utama pemodelan dengan memanfaatkan kurva dan surface
3d. Dengan teknik NURBS seorang modeller dapat membuat obyek dengan
kurva yang memiliki tingkat kerumitan tinggi sehingga teknik ini menjadi
standar modeling khususnya dalam pembuatan obyek dengan permukaan
kurva. Teknik ini dapat diawali dengan sebuah obyek dari standar
primitive dari solid geometry (untuk obyek solid) dengan terlebih dahulu
dikonversi menjadi editable to NURBS atau langsung melalui panel
Geometry untuk obyek berupa Surface (Non-Solid).

NURBS Modeling
Dari ketiga teknik pemodelan diatas seorang modeller dapat menggunakan
salah satu teknik saja atau bahkan ke-tiga-tiganya sekaligus dalam
modeling obyek dan hal itu disesuaikan dengan kebutuhan.
,,,,,"SEMOGA BERMANFAAT",,,,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar