APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
DYAH AYUK K_1155201021
Grafika komputer (Computer
graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari cara-cara
pembuatan dan manipulasi gambar secara digital, sehingga dapat memudahkan
komunikasi antara manusia dan komputer, atau manusia dengan manusia melalui
gambar-gambar, bagan-bagan, tabel dan lain-lain. Teknik-teknik yang dipelajari
dalam grafika komputer adalah teknik-teknik bagaimana membuat atau menciptakan
gambar dengan menggunakan komputer. Bentuk sederhana dari grafika komputer
adalah grafika komputer 2D,
dengan teknik-teknik tertentu kemudian berkembang menjadi grafika
komputer 3D.
1.1 Aplikasi Grafika Komputer
Peran grafika komputer dalam menghasilkan gambar sangat penting sekali
untuk perkembangan berbagai software aplikasi. Banyak sekali aplikasi-aplikasi
tertentu yang memanfaatkan grafika komputer, diantaranya adalah :
1.1.1 Hiburan (Entertainment)
Saat ini grafika komputer banyak digunakan untuk menunjang pembuatan film,
video musik, tayangan televisi, motion
picture, animasi, dan game
(permainan).
![]() |
Gambar 1.1 Aplikasi grafika
komputer pada bidang hiburan berupa film-film animasi 3D.
1.1.2
Visualisasi
Visualisasi (visualization) adalah teknik-teknik dalam
pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk mengkomunikasikan suatu informasi. Pada saat ini visualisasi
telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan data atau ide abstrak
maupun nyata sehingga cepat berkembang dan banyak dipakai untuk keperluan ilmu pengetahuan, rekayasa, visualisasi disain produk, pendidikan, multimedia interaktif, kedokteran, dan lain-lain. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Visualisasi

Gambar
1.2: (a) Visualisasi Scientific (b) Visualisasi aliran turbulen dari angin
topan
1.1.3
Computer-Aided Design (CAD)
Grafika komputer digunakan dalam proses analisis dan desain,
khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering dalam bentuk aplikasi CAD (Computer-Aided Design).
CAD banyak digunakan untuk mendesain bangunan, mobil, kapal, pesawat terbang, gedung, komputer, alat-alat
elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh
perangkat lunak : AutoCAD, 3D Studio Max dan lain-lain.

Gambar 1.3: Desain mesin menggunakan
AutoCAD
1.1.4
Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE digunakan
dalam bidang sofware engineering. CASE biasanya digunakan untuk memodelkan user
requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur
program, dan sebagainya. Contoh perangkat
lunak: Rational Rose, SyBase Power Designer dan lain-lain.
![]() |
Gambar 1.4 : Contoh salah satu CASE,
Rational Rose
1.1.5
Virtual Reality
Virtual
Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan sama seperti lingkungan
nyata. Pada lingkungan ini user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam
lingkungan 3-D. Dibutuhkan perangkat keras khusus untuk memberikan efek pemandangan
3-D dan membuat user mampu beriteraksi
dengan objek-objek yang berada di lingkungan tersebut. Contoh: aplikasi Virtual Reality pilot trainer yang
digunakan untuk latihan mengendarai pesawat terbang. Aplikasi ini dapat
memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi
biaya penerbangan, melatih pilot-pilot pemula sebelum melakukan penerbangan
yang sesungguhnya.
![]() |
Gambar 1.5: Aplikasi Virtual Reality pilot trainer yang digunakan untuk latihan
mengendarai pesawat terbang
1.1.6
Pendidikan dan Pelatihan
Komputer digunakan sebagai alat
bantu pendidikan dan pelatihan, misalnya untuk membuat model-model proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi
psikologi, simulasi, dan sebagainya sehingga memudahkan sesorang untuk memahami
bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem. Contoh: pembelajaran transformasi Fourier
untuk peningkatan kualitas citra.

Gambar 1.6: Pembelajaran transformasi Fourier untuk
peningkatan kualitas citra
1.1.7
Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk
menghasilkan karya-karya seni. Sebagai contoh grafika komputer digunakan untuk
desktop publishing (cover buku),
advertising (logo perusahaan), desain tekstil dan lain sebagainya menggunakan
perangkat lunak CorelDraw, Macromedia Freehand atau Adobe Ilustrator.
Grafika komputer digunakan untuk pembuatan bermacam-macam gambar kartun
sesuai dengan gagasan atau imajinasi seorang seniman menggunakan perangkat
lunak yang berbasis paint contoh Paint, Corel Paint Shop Pro dan Adobe
Photoshop.
![]() |
Gambar 1.7 : Gambar kartun, digambar menggunakan Paint
under window
1.1.8
Pengolahan Citra Digital
Pengolahan
citra digital adalah teknik-teknik untuk mengolah citra digital. Pengolahan
yang dilakukan meliputi, peningkatan kualitas citra, perbaikan citra, segmentasi
citra, pengenalan pola menggunakan fitur-fitur yang ada dalam suatu citra. Contoh: perbaikan citra sehingga menjadi
lebih jelas.
![]() |
Gambar 1.8 : Hasil perbaikan citra yang terkena noise domain frekuensi menggunakan
transformasi Fourier
1.1.9 Graphical
User Interface (GUI)
Graphical
User Inteface adalah antarmuka grafis yang berguna untuk mempermudah interaksi antara
manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. Gambar
1.9 menunjukkan GUI berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi
Windows XP.
![]() |
Gambar 1-9: GUI dari aplikasi-aplikasi pada sistem
operasi Windows XP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar