Di Masa Depan Komputer Grafis Paling Unggul

Selasa, 30 Desember 2014

APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER 

DYAH AYUK K_1155201021


Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari cara-cara pembuatan dan manipulasi gambar secara digital, sehingga dapat memudahkan komunikasi antara manusia dan komputer, atau manusia dengan manusia melalui gambar-gambar, bagan-bagan, tabel dan lain-lain. Teknik-teknik yang dipelajari dalam grafika komputer adalah teknik-teknik bagaimana membuat atau menciptakan gambar dengan menggunakan komputer. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D, dengan teknik-teknik tertentu kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D.


1.1       Aplikasi Grafika Komputer
Peran grafika komputer dalam menghasilkan gambar sangat penting sekali untuk perkembangan berbagai software aplikasi. Banyak sekali aplikasi-aplikasi tertentu yang memanfaatkan grafika komputer, diantaranya adalah :

1.1.1    Hiburan (Entertainment)
Saat ini grafika komputer banyak digunakan untuk menunjang pembuatan film, video musik, tayangan televisi, motion picture, animasi, dan game (permainan).

 














Gambar 1.1 Aplikasi grafika komputer pada bidang hiburan berupa film-film animasi 3D.


1.1.2        Visualisasi
Visualisasi (visualization) adalah teknik-teknik dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk mengkomunikasikan suatu informasi. Pada saat ini visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan data atau ide abstrak maupun nyata sehingga cepat berkembang dan banyak dipakai untuk keperluan ilmu pengetahuan, rekayasa, visualisasi disain produk, pendidikan, multimedia interaktif, kedokteran, dan lain-lain. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Visualisasi






Gambar 1.2: (a) Visualisasi Scientific  (b) Visualisasi aliran turbulen dari angin topan 

1.1.3        Computer-Aided Design (CAD)
Grafika komputer digunakan dalam proses analisis dan desain, khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering dalam bentuk aplikasi CAD (Computer-Aided Design). CAD banyak digunakan untuk mendesain bangunan, mobil, kapal, pesawat terbang, gedung, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh perangkat lunak : AutoCAD, 3D Studio Max dan lain-lain.

















Gambar 1.3: Desain mesin menggunakan AutoCAD



1.1.4        Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE biasanya digunakan untuk memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh perangkat lunak: Rational Rose, SyBase Power Designer dan lain-lain.

 













Gambar 1.4 : Contoh salah satu CASE, Rational Rose



1.1.5        Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan sama seperti lingkungan nyata. Pada lingkungan ini user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam lingkungan 3-D. Dibutuhkan perangkat keras khusus untuk memberikan efek pemandangan 3-D dan membuat  user mampu beriteraksi dengan objek-objek yang berada di lingkungan tersebut. Contoh: aplikasi Virtual Reality pilot trainer yang digunakan untuk latihan mengendarai pesawat terbang. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih pilot-pilot pemula sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.

 

















Gambar 1.5: Aplikasi Virtual Reality pilot trainer yang digunakan untuk latihan mengendarai pesawat terbang


1.1.6         Pendidikan dan Pelatihan
Komputer digunakan sebagai alat bantu pendidikan dan pelatihan, misalnya untuk membuat model-model proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya sehingga memudahkan sesorang untuk memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.  Contoh: pembelajaran transformasi Fourier untuk peningkatan kualitas citra.


Gambar 1.6: Pembelajaran transformasi Fourier untuk peningkatan kualitas citra



1.1.7        Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Sebagai contoh grafika komputer digunakan untuk desktop publishing (cover buku),    advertising (logo perusahaan), desain tekstil dan lain sebagainya menggunakan perangkat lunak CorelDraw, Macromedia Freehand atau Adobe    Ilustrator.  Grafika komputer digunakan untuk pembuatan bermacam-macam gambar kartun sesuai dengan gagasan atau imajinasi seorang seniman menggunakan perangkat lunak yang berbasis paint contoh Paint, Corel Paint Shop Pro dan Adobe Photoshop.

 












Gambar 1.7 : Gambar kartun, digambar menggunakan Paint under window



1.1.8        Pengolahan Citra Digital
Pengolahan citra digital adalah teknik-teknik untuk mengolah citra digital. Pengolahan yang dilakukan meliputi, peningkatan kualitas citra, perbaikan citra, segmentasi citra, pengenalan pola menggunakan fitur-fitur yang ada dalam suatu citra. Contoh: perbaikan citra sehingga menjadi lebih jelas.
 

















Gambar 1.8 : Hasil perbaikan citra yang terkena noise domain frekuensi menggunakan transformasi Fourier


1.1.9    Graphical User Interface (GUI)
Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang berguna untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. Gambar 1.9 menunjukkan GUI berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi Windows XP.

 
















Gambar 1-9: GUI dari aplikasi-aplikasi pada sistem operasi Windows XP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar