Di Masa Depan Komputer Grafis Paling Unggul

Selasa, 30 Desember 2014

GRAPHICS LANGUAGES 
DYAH AYUK K_1155201021



1.1              Graphics Languages
1.   IGL (Interactive Graphics Library)
Salah satu  paket grafis yang mengandung pustaka fungsi grafis yang lengkap.

2.   GKS    (Graphical Kernel System)
Rutin-rutin perangkat independen yang umum digunakan. Menggunakan pustaka UIS (User Interface System) untuk pelaksanaan ditingkat low level.

3.   HPGL (Hewlett Packard  Graphics Library)
Kumpulan Instruksi untuk berbagai fungsi output grafis untuk Plotter.

4.   ReGIS (Remote Graphics Instruction Set)
Khusus dikembangkan untuk pemrograman di terminal seri TV

5.   PHIGS      (Programmer’s Hierarchical Interactive Graphics Standard)
Sebuah perangkat untuk keperluan umum dan merupakan paket grafis yang handal untuk mendukung sebagian besar bahasa pemrograman yang umum digunakan.

6.   SG-GL      (Silicon Graphics - Graphics Library)
Berisi rutin-rutin yang cepat dan efisien yang dikembangkan oleh Silicon Graphics (misalnya OpenGL)

7.   Computer-Aided Design (CAD)
Alat grafis untuk menggambar, desain berbantukan komputer dan Manufaktur.

8.   PC-Graphics
Untuk pemrograman grafis pada lingkungan DOS dan Windows. Contohnya adalah: MVisual Basic, Visual C + + dengan GUI .


1.3       Sistem Pemrograman Grafis
Pada system pemrograman grafis, user menginput data (berupa program) melalui piranti input dan menggunakan software tertentu, kemudian software memanggil graphics library untuk mendapatkan instruksi-instruksi yang cepat, selanjutnya hasil dari program ditampilkan dilayar berupa gambar sesuai dengan apa yang diprogram. 
.














Gambar 1-10: Sistem Pemrograman Grafis




1.4       Komponen-Komponen Prinsip Dari Graphics Library
1        Fungsi Output -  Fungsi untuk menggambar primitif grafik, misalnya titik, garis, kurva lengkung, poligon, teks dan lain-lain.
2        Atribut Output  - Fungsi untuk men-set atribut, misalnya tebal garis, isi warna, tinggi tkes dan lain-lain.
3        Fungsi Kontrol – Fungsi untuk menangani event handling, error processing, I/O control dan lain-lain.
4        Operasi File – Fungsi untuk menyimpan dan mengambil output grafik.
5        Fungsi Matematika and Graphics - Transformasi, hidden line removal, rendering, clipping, window to viewport mapping,  segments  dan lain-lain.

6        Inquiry functions - Fungsi untuk memberitahukan tentang status dan setting dari alat-alat output yang bekerja saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar