GRAPHICS LANGUAGES
DYAH AYUK K_1155201021
1.1
Graphics Languages
1. IGL (Interactive Graphics Library)
Salah satu
paket grafis yang mengandung pustaka fungsi grafis yang lengkap.
2. GKS (Graphical Kernel
System)
Rutin-rutin perangkat independen yang
umum digunakan. Menggunakan pustaka UIS (User
Interface System) untuk pelaksanaan ditingkat low level.
3. HPGL (Hewlett Packard Graphics Library)
Kumpulan Instruksi untuk berbagai
fungsi output grafis untuk Plotter.
4. ReGIS (Remote Graphics Instruction Set)
Khusus dikembangkan untuk
pemrograman di terminal seri TV
5. PHIGS (Programmer’s
Hierarchical Interactive Graphics Standard)
Sebuah perangkat untuk keperluan umum dan
merupakan paket grafis yang handal untuk mendukung sebagian besar bahasa
pemrograman yang umum digunakan.
6. SG-GL (Silicon Graphics -
Graphics Library)
Berisi rutin-rutin yang cepat dan efisien yang
dikembangkan oleh Silicon Graphics (misalnya OpenGL)
7. Computer-Aided Design (CAD)
Alat grafis untuk menggambar,
desain berbantukan komputer dan Manufaktur.
8. PC-Graphics
Untuk pemrograman grafis pada lingkungan DOS dan
Windows. Contohnya
adalah: MVisual Basic, Visual C + + dengan GUI .
1.3 Sistem
Pemrograman Grafis
Pada system pemrograman grafis, user menginput data (berupa program)
melalui piranti input dan menggunakan software tertentu, kemudian software
memanggil graphics library untuk
mendapatkan instruksi-instruksi yang cepat, selanjutnya hasil dari program
ditampilkan dilayar berupa gambar sesuai dengan apa yang diprogram.

Gambar 1-10: Sistem Pemrograman Grafis
1.4 Komponen-Komponen
Prinsip Dari Graphics Library
1
Fungsi Output
- Fungsi untuk menggambar primitif grafik,
misalnya titik, garis, kurva lengkung, poligon, teks dan lain-lain.
2
Atribut Output - Fungsi untuk men-set atribut, misalnya
tebal garis, isi warna, tinggi tkes dan lain-lain.
3
Fungsi Kontrol – Fungsi untuk
menangani event handling, error
processing, I/O control dan lain-lain.
4
Operasi File – Fungsi untuk
menyimpan dan mengambil output grafik.
5
Fungsi Matematika and Graphics
- Transformasi, hidden line removal,
rendering, clipping, window to viewport mapping, segments
dan lain-lain.
6
Inquiry functions - Fungsi untuk
memberitahukan tentang status dan setting dari alat-alat output yang bekerja saat
ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar