Membuat Lengan Robot 3D menggunakan Unity
|
Untuk membuat teknik "tangan robot" di
Unity, yaitu sebuah lengan yang terbagi dengan engsel dimana ketika lengan
pangkal dirotasi/diputar maka yang lainnya ikut berotasi dan otomatis juga
bertranslasi/berpindah menyesuaikan ujung lengan pangkal yang tersambung.Oke,
biar lebih jelas kita langsung saja lakukan teknik berikut:
1.
Buat sebuah cube dengan cara pilih menu Game
object- >> Create Other- >> Cube (rename nama Cube dengan nama
'pangkal').
2.
Tampilkan pada prespektif sumbu Y.
3.
Beri skala X=1, Y=1 dan Z=5 agar berbentuk memanjang,
serta atur posisi pada X=0, Y=0, Z=2,5 agar salah satu ujung dari kotak
tersebut berada pada titik tengah.
4.
Setelah itu buat objek kosong dengan cara pilih menu
GameObject->Create Empty (rename nama GameObject dengan nama
'objek_kosong1'), atur Position dan Rotation pada kondisi "0" dan Isi
Scale X,Y dan Z = 1.
5. Buat kode javascrip
untuk objek kosong tersebut dengan cara pilih Create -> Javascript (Pada
menu tab Project), rename dan beri nama LenganPangkal serta isikan kode
berikut:
function Update() {
if (Input.GetKey (KeyCode.Q)) {
transform.Rotate(0,1,0);
}else if(Input.GetKey (KeyCode.W)) {
transform.Rotate(0,-1,0);
}
}
Setelah Javascip selesai dibuat, drag kode ini pada object_kosong1 tadi. Kode diatas artinya untuk menggerakkan lengan ke kiri dan ke kanan kita dapat memakai tombol Q dan W.
6. Masukkan objek pangkal
ke dalam parent objek kosong tadi dengan cara men-drag nama objek pangkal
tersebut pada tab Hierarchy ke tulisan objek_kosong1.
7. Jalankan dan tekan Q
atau W untuk menggerakkannya, jika pangkal berotasi dimana ujung lengan bawah
tetap pada posisi tengah, maka bisa dibilang lengan pangkal sudah berhasil
dibuat.
Untuk lengan kedua
pada hakikatnya sama sebagaimana lengan pangkal tadi, yaitu:
1.
Buat objek kosong lagi seperti halnya diatas, rename
dengan nama Objek_kosong2, atur posisi pada X=0,Y=0 dan Z=5 (Z=5 agar posisi
objek kosong ada diujung luar lengan pangkal tadi).
2.
Buat kode javascript seperti diatas dengan nama baru
yaitu 'Lengan2' misalkan, tuliskan sama persis dengan yang pertama, cuma ganti
Keycode.Q jadi Keykode.A dan Keycode.W jadi Keykode.S, ini dimaksudkan untuk menggerakkan
lengan kedua menggunakan tombol A atau S. Lalu drag pada objek_kosong2 tadi.
3.
Buat cube baru lagi dengan ukuran sama persis seperti
yang pertama yaitu skala X=1, Y=1 dan Z=5, namun untuk position set X=0,Y=0 dan
Z=7.5 (Z=7.5 agar posisi objek cube ini juga nempel diujung luar lengan pangkal
tadi), rename namanya menjadi Lengan. Beri texture biar ada perbedaan warna
dengan lengan pangkal.
4.
Jika sudah selesai, sama seperti halnya yang pertama,
lakukan parent-isasi dengan cara masukkan objek pangkal2 ke dalam parent
objek_kosong2 dengan cara men-drag nama objek Lengan pada tab Hierarchy ke
tulisan objek_kosong2.
5.
Jalankan dan tekan A atau S untuk menggerakkannya,
jika ujung bawah Lengan berotasi dengan titik pusat ujung atas Pangkal, maka
bisa dibilang objek lengan sudah berhasil dibuat.
Untuk langkah terakhir agar Lengan juga bergantung
pada rotasi pangkal, maka masukkan Object_kosong2 yang didalamnya ada objek
Pangkal2 kedalam parent Object_kosong1.
sumber:http://kuliahpemodelan3dlanjut.blogspot.com/2010/11/membuat-tangan-robot.html -
See more at: http://rozizeta.blogspot.com/2013/01/membuat-tangan-robot-unity-berhasil.html#sthash.TFoQNOS5.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar