berikut saya akan jelaskan bagaimana cara membuatnya dengan menggunakan Software blender.
sebelumnya saya akan menjelaskan Blender itu apa
Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.
berikut tampilan awal blender
Berikut adalah tutorial untuk membuat bungkus
keripik kentang, dengan environment dalam sebuah minimarket.
Tekan Shift+A, dan pilih Cube, untuk mengubahnya menjadi bentuk yang diinginkan, digunakan kombinasi Scale dengan sumbu XYZ.
Setelah mendapat bentuk yang diinginkan, buat subdivisionnya dengan menekan CTRL+R
Kemudian, untuk mendapatkan sudut-sudut yang lancip
(seperti pada bungkus keripik kentang), pilih mode edge, kemudian klik
merge>collapse untuk mendapat sudut yang lancip. Perintah ini akan
menyatukan kedua sudut tersebut menjadi 1 node.
Setelah itu kita bermain lagi dengan perintah Scale dengan menekan sumbu XYZ untuk
mendapatkan bentuk seperti di atas.
Setelah itu kita menggunakan UV Editing, untuk memasukkan merk
keripik kentang ke objek yang telah di render.Pilih New di window bagian kiri, kemudian Open gambar yang ingin digunakan. Select
ALL atau tekan tombol A untuk
memilih semua ruas di window kanan, kemudian tekan U. Karena bentuk objeknya agak rumit, kita pilih Smart UV Project. Map yang telah di
render akan muncul di bagian kiri window, dan kita hanya perlu menyesuaikan Map
dengan gambar yang tersedia.
Kemudian, ganti
ViewPort Shading dengan mode Texture,
untuk melihat hasil gambar setelah diaplikasikan ke objeknya.
Berikutnya, untuk menghasilkan efek yang sama saat
objeknya di render, gunakan perintah
berikut. Di bagian kanan layar, pilih tab Material,
dan New. Setelah itu, pilih tab Texture. Kemudian ganti type texture
menjadi Image or Movie. Di bawahnya
lagi buka image yang akan digunakan sebagai label. Kemudian dibawahnya lagi, di
bagian Mapping, pilih koordinatnya
sebagai UV.
Berikut adalah hasil texturenya:
Tunggu Kelanjutanya lagi di Part2 untuk ( LIGHTING,
SHADING, DAN CAMERA )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar